Search
Close this search box.

Seminar Pendidikan “Membangun Kebangsaan Melalui Pendidikan Literasi Kultural” oleh BEM IAI Nazhatut Thullab Sampang Sukses Diselenggarakan

Bagikan

Telegram
WhatsApp
Facebook

Sampang, – Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM) Institut Agama Islam (IAI) Nazhatut Thullab Sampang sukses menyelenggarakan seminar pendidikan bertema “Membangun Kebangsaan Melalui Pendidikan Literasi Kultural”. Acara yang berlangsung di auditorium kampus ini dihadiri oleh ratusan mahasiswa, dosen, okp serta perwakilan siswa-siswi se kabupaten sampang. senin, 03/06/2024.

Seminar ini bertujuan untuk meningkatkan pemahaman peserta tentang pentingnya literasi kultural sebagai alat untuk membangun rasa kebangsaan dan memperkuat identitas nasional. Kegiatan ini menghadirkan tiga pemateri yang ahli di bidangnya, yaitu Dr. Muqoffi, M.Pd., Kaprodi PGMI IAI Nazhatut Thullab Sampang dan Juga Pegiat Literasi. Bapak Wahyu Hidayat, S.Pd.I,MM, Kasi Pendidikan Madrasah Kemenag Sampang; dan Bapak Moh Muhni, S.Pd., Kasat Bimas Kapolres Sampang.

Dalam pemaparannya, Bapak Moh.Muhni, menekankan bahwa literasi kultural adalah fondasi penting dalam pendidikan yang dapat memperkuat ikatan sosial dan membangun karakter kebangsaan. Ia juga membahas strategi untuk mengintegrasikan nilai-nilai budaya dalam kurikulum pendidikan di semua jenjang sekolah.

Bapak Wahyu Hidayat, dalam sesi berikutnya, berbagi pengalamannya dalam menggerakkan komunitas budaya lokal untuk terlibat dalam pendidikan literasi kultural. Ia menyoroti pentingnya kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat dalam menjaga dan mengembangkan warisan budaya.

Dr. Muqoffi menutup sesi pemaparan dengan membahas peran agama dalam memperkuat literasi kultural. Menurutnya, pendidikan agama yang diintegrasikan dengan literasi kultural dapat menghasilkan generasi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, tetapi juga bijaksana dan berakhlak mulia.

Seminar ini juga diisi dengan sesi tanya jawab yang interaktif, di mana para peserta dapat berdialog langsung dengan para pemateri. Antusiasme peserta terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan, terutama terkait dengan implementasi praktis dari konsep literasi kultural di lingkungan sekolah dan komunitas.

Ketua BEM IAI Nazhatut Thullab Sampang, Sahrul Romadhon, menyampaikan rasa terima kasihnya kepada para pemateri dan seluruh peserta yang telah berpartisipasi dalam acara ini. “Kami berharap seminar ini dapat memberikan wawasan baru dan mendorong semua pihak untuk lebih aktif dalam mempromosikan literasi kultural sebagai bagian integral dari pendidikan kita,” ujarnya.

Wakil Rektor III IAI Nazhatut Thullab Sampang, Siti Farida,M.Pd, mengapresiasi inisiatif BEM yang telah menyelenggarakan seminar ini. Beliau berharap kegiatan serupa dapat terus dilakukan secara berkala untuk membangun kesadaran dan komitmen bersama dalam memperkuat kebangsaan melalui pendidikan literasi kultural.

Dengan suksesnya seminar ini, BEM IAI Nazhatut Thullab Sampang menunjukkan komitmennya dalam memajukan pendidikan dan membangun kebangsaan melalui pendekatan yang berbasis budaya. Seminar ini diharapkan menjadi inspirasi bagi institusi pendidikan lainnya untuk mengadakan kegiatan serupa guna membentuk generasi muda yang berwawasan kebangsaan dan berkarakter kuat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *