Sasaran dalam penyelenggaraan Program Studi PGMI IAI NATA Sampang
sebagai berikut:
1.
Bidang Pendidikan:
a.
Kurikulum
berbasis KKNI dan integrasi ilmu kepesantrenan sesuai perkembangan dan
kebutuhan kajian ilmu pendidikan madrasah ibtidaiyah (al-Qur’an Hadits MI,
Fikih MI, SKI MI, MTK MI, Bahasa Indonesia MI).
b. Jumlah
lulusan yang selesai tepat waktu sebanyak 90%
c.
Kuantitas
dan kualitas dosen 100 % memiliki keahlian di bidang Ilmu PGMI ditunjukkan dengan tingkat pendidikan minimal Strata
dua (S2).
d.
Lulusan
menguasai teori keilmuan PGMI yang mencakup mata kuliah materi MI, metode
pembelajaran MI, pengembangan kurikulum MI, media pembelajaran MI, evaluasi
pembelajaran MI dengan nilai A 80% dan rata-rata IPK minimal 3,27.
e. Sebanyak
850 % lulusan akan terserap dalam jangka waktu tiga (6) bulan setelah lulus
sesuai dengan bidang ilmu lulusan;
f.
Dosen
memiliki kinerja dalam mengajar dan membimbing minimum nilai “B”
berdasarkan penilaian mahasiswa;
g.
Tingkat
kinerja dosen dan tenaga kependidikan minimal 80% berdasarkan standar sistem
penilaian kinerja yang berlaku di IAI NATA Sampang.
h.
Pemberian
soft skill mata kuliah pendamping
berbasis kepesantrenan seperti kajian kitab kuning.
2. Bidang Penelitian
a. Menghasilkan karya penelitian yang berkualitas dan relevan dengan program studi PGMI berbasis nilai-nilai kepesantrenan dan umum oleh setiap dosen minimal 1 dalam setahun;
b. Menghasilkan artikel ilmiah yang dipublikasikan di jurnal terakreditasi minimal 1 (satu) dalam setahun setiap dosen;
c. Melibatkan mahasiswa dalam penelitian dosen minimal 30% dari mahasiswa yang menulis tugas akhir;
d. Melaksanakan penelitian dan penerbitan hasil penelitian dosen PGMI yang bekerja sama dengan lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) IAI NATA Sampang.
3. Bidang Pengabdian Masyarakat
a.
Dosen
melaksanakan pengabdian kepada masyarakat secara konsisten dalam bentuk
pendampingan kepada masyarakat yang relevan dengan program studi PGMI, seperti
penguatan pendidikan pesantren.
b.
Mahasiswa
berperan aktif secara konsisten untuk terlibat dalam kegiatan kemasyarakatan.
4. Bidang Spiritual
a. Membudayakan nilai-nilai Islam (kepesantrenan) dalam menciptakan
kampus yang madani.
b. Mahasiswa memiliki etika dan moral yang berkarakter Islami.
c. Dosen dan tenaga kependidikan terlibat aktif dalam kegiatan
pembinaan akhlak di kampus.
5. Bidang Kemitraan
a. Melakukan kerjasama dengan lembaga tingkat nasional yang terkait dengan program studi, swasta dan pemerintah dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat minimal sebanyak 7 lembaga tiap tahun.
b. Melakukan kerjasama dengan lembaga luar negeri yang terkait dengan program studi, dalam bidang pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat sebanyak 1 lembaga.
6. Pengembangan Sumber Daya
a. Perekrutan dosen baru sesuai dengan Program Studi dan berdasarkan rasio ideal dengan mahasiswa sebanyak 1:13.
b. Dosen yang sedang menempuh doktor sesuai dengan keahlian program studi sebanyak 1 orang.