Search
Close this search box.

Mahasiswa Institut Agama Islam Nazhatut Thullab Mengembangkan Gerakan Generasi Anti Stunting di SMKN 3 Sampang Desa Pulau Mandangin

Bagikan

Telegram
WhatsApp
Facebook

IAI NATA SAMPANG – Pulau Mandangin merupakan pulau kecil dengan luas wilayah 90,04 hektar. Jika dilihat dari kejauhan, pulau ini seakan hanya pulau dengan rerimbunan pohon dan deretan rumah. Namun, saat mengunjungi pulau ini, kita disajikan dengan pemandangan pantai yang indah karena air pantai yang tampak jernih. Pemandangan  pantai yang khas di pulau ini yaitu dengan adanya deretan kapal yang terapung di sekitar pantai milik nelayan yang tinggal di pulau Mandangin.

 

Sayangnya keindahan ini menjadi pudar ketika mahasiswa IAI NATA (Institut Agama Islam Nazhatut Thullab) Sampang mendapati informasi dari BKKBN (Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional) bahwa data stunting di desa pulau mandangin masih terakumulasi tinggi di antara seluruh desa di pulau Madura provinsi Jawa timur.

BKKBN Provinsi Jawa Timur bekerja bersama dengan kampus IAI NATA Sampang melalui kegiatan KPM (Kuliah Pengabdian Masyarakat) 2023 dengan tematik Mahasiswa PENTING (Peduli Stunting). Remaja adalah salah satu bagian penting dalam pencegahan awal untuk mengurangi angka stunting yang menjadi target dari Peserta KPM 2023 POSKO 1 mahasiswa PENTING di desa Pulau Mandangin.

Kegiatan penyuluhan, sosialisasi dan edukasi di SMKN 3 SAMPANG Mandangin yang dilaksanakan pada kamis 24/08/23 oleh para mahasiswa peserta KPM 2023 POSKO 1 ini adalah menjadi salah satu upaya dalam menggerakkan fungsi dari Posyandu Remaja dalam mengembangkan gerakan generasi anti stunting di desa Pulau Mandangin.

Fungsi Posyandu Remaja adalah untuk mendampingi para remaja menghadapi fase-fase krusial dalam hidupnya. Posyandu remaja merupakan salah satu kegiatan berbasis kesehatan yang membahas mengenai kesehatan fisik dan mental dengan tujuan membantu perkembangan remaja.

Dalam kegiatan tersebut, mahasiswa IAI NATA peserta KPM 2023 POSKO 1 dan Bapak Muasaffa dari BKKBN desa Pulau Mandangin mengajak siswa dan siswi kelas XII SMKN 3 Sampang dalam mencegah terjadinya stunting dengan menyadarkan akan pentingnya dalam mengkonsumsi nutrisi dan gizi yang baik dan seimbang, serta sanitasi dan mencegah anemia dengan pola hidup yang sehat dan pola makan yang tepat.

Tidak hanya itu,  Program remaja GenRe (Generasi Berencana) yang dikembangkan oleh BKKBN menjadi uraian bimbingan kepada remaja siswa dan siswi kelas XII SMKN 3 Sampang yang disampaikan oleh bapak Musaffa (BKKBN) dan mahasiswa IAI NATA peserta KPM 2023. Program GenRe adalah program yang mengedepankan pembentukan karakter bangsa di kalangan generasi muda dengan mengajarkan remaja untuk menjauhi Pernikahan Dini, Hamil di Luar Pernikahan dan NAPZA (Narkotika, Psikotropika, dan Zat Adiktif) guna menjadi remaja tangguh dan dapat berkontribusi dalam pembangunan SDM (Sumber Daya Manusia) serta berguna bagi nusa dan bangsa.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *